Delay rate adalah perhitungan selisih antara waktu aktual penerbangan yang simulai dari bergerak taxi sampai dengan berhenti di parking stand, dengan rencana penerbangan yang dimulai dari bergerak taxi hingga berhenti di parking stand. Adapun perhitungan delay rate dilakukan bertahap yaitu:
Perhitungan delay rate juga memerlukan perhitungan besarnya konstribusi pemberi layanan navigasi terhadap penundaan yang terjadi.
Oleh karena itu, dalam mekanismenya dibutuhkan observasi dan data durasi yang meliputi:
- Tahap 1; Ground Delay (taxi hingga take off)
- Tahap 2; Airborne Delay (landing hingga tiba di parking stand)
Gambar. Apron Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado
Perhitungan delay rate juga memerlukan perhitungan besarnya konstribusi pemberi layanan navigasi terhadap penundaan yang terjadi.
Oleh karena itu, dalam mekanismenya dibutuhkan observasi dan data durasi yang meliputi:
- Taxi Out Time (EXOT); yaitu waktu rata-rata pesawat dari taxi dengan power sendiri hingga on short runway.
- Taxi In Time ( EXIT); yaitu waktu rata-rata pesawat saat meninggalkan runway hingga tiba di parking stand.
- Runway Occupancy Time for Take Off (ROTT); yaitu interval waktu antara saat pesawat melintasi holding stop bar dan ketika main gear pesawat terangkat meninggalkan runway.
- Runway Occupancy Time for Landing (ROTL): yaitu interval waktu antara saat pesawat melintasi threshold dan ketika ekor pesawat telah meninggalkan runway.
- SID (dimulai dari take off hingga poin dimana SID berakhir).
- STARR (dimulai dari poin awal STARR hingga poin dimana IAP bermula).
- IAP (dimulai dari prosedur approach bermula hingga pesawat mendarat).
Formulasi perhitungan dan data-data yang telah diperoleh dapat diolah dalam format rumusan excel di google drive http://bit.ly/2ooGZLz.
Lebih lanjut, identifikasi mengenai delay rate kemudian akan berpengaruh pada OTP. OTP (On Time Performance) adalah ketepatan waktu penerbangan, yang mengacu pada PM 57 tentang Penyelenggaraan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang (Slot Time), yakni perhitungan selisih antara aktual keberangkatan dengan rencana keberangkatan operator penerbangan.
Komentar
Posting Komentar